KPK Kebut Pelimpahan Berkas Perkara Miryam S Haryani ke Pengadilan

detik com Penyidik Komisi Pember‎antasan Korupsi (KPK) tengah mengebut kelengkapan berkas perkara mantan Anggota Komisi II DPR, Miryam S Haryani untuk segera diserahkan ke tahap penuntutan.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah memprediksi, berkas perkara Miryam akan selesai dan dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor pada pekan depan‎. Dia berharap Pengadilan Tipikor dapat segera menyidangkan Miryam Haryani setelah berkas perkara dilimpahkan.

Ya, kami rencanakan sebelum Idul Fitri dilakukan pelimpahan dari tingkat penyidikan ke penuntutan. Jadi bisa segera diproses di persidangan,” kata Febri di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (16/6/2017).

detik com Nantinya, kata Febri, dalam persidangan Miryam akan banyak terbuka secara terang benderang sesuai dengan fakta-fakta persidangan, siapa saja pihak-pihak yang mengancamnya untuk memberikan keterangan tidak benar. “Nanti, siapa-siapa saja pihak yang diduga memengaruhi, akan diperdengarkan kepada publik‎, (juga) video rekaman pemeriksaan yang juga menyebutkan sejumlah nama saksi,” ujarnya.

Seperti diketahui, mantan anggota Komisi II DPR, Miryam S Haryan‎i telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pemberian keterangan tidak benar pada perkara korupsi proyek pengadaan e-KTP tahun anggaran 2011 – 2012 untuk terdakwa Irman dan Sugiharto.

Miryam disangkakan melanggar Pasal 22 Juncto Pasal 35 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), yang dengan sengaja tidak memberi keterangan atau memberi keterangan yang tidak benar, dipidana dengan pidana penjara singkat tiga tahun dan paling lama 12 tahun. detik com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *